• Tanaman Obat untuk Sekitar Rumah

    Tanaman Obat untuk Sekitar Rumah

    Tanaman obat sebenarnya bisa dimiliki oleh setiap orang. Pasalnya, beberapa tanaman tidak perlu membutuhkan perawatan khusus sehingga orang yang awam terhadap tanaman obat (atau sering disebut tanaman herbal) tidak memerlukan keahlian atau pengetahuan khusus. Bahkan, beberapa jenis tanaman obat tidak hanya berguna untuk kesehatan, tapi juga untuk lingkungan.

    Salah satu tanaman obat yang sangat direkomendasikan untuk ditanam di sekitar rumah adalah pohon kelapa. Selain menyegarkan, air kelapa juga ternyata sangat berguna bagi ibu hamil. Kandung elektrolit yang tinggi serta kalsium dan juga kalium membuat ibu hamil akan lebih nyaman menghadapi morning sickness. Bahkan, para ahli kesehatan menyarankan agar ibu hamil lebih sering meminum air kelapa karena air tersebut mengandung anti-bakteri dan juga anti-mikroba sehingga resiko infeksi bisa diminilisir. Yang terpenting lagi, jika ada pohon kelapa di halaman, rumah akan rindang dan sehingga udara lebih segar.

    Jika tidak menghendaki tanaman obat yang terlalu tinggi, temu lawak bisa menjadi pilihan lain. Temu lawak merupakan salah satu tanaman obat keluarga kunyit yang bisa tumbuh di area tanah yang sempit sekalipun. Selain tidak memakan banyak tempat, temu lawak tumbuh pendek. Sejak dahulu kala, temu lawak digukanan sebagai ramuan herbal untuk meredakan diare, perut kembung, serta maag. Selain itu, temu lawak juga dipercaya sebagai tanaman yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

    Sambiloto bisa membuat pandangan mata lebih segar tanaman obat yang satu ini sangat berkhasiat. Pasalnya, daun sambiloto ini berwarna sangat hijau sehingga cocok sekali ditanam di depan, di samping, atau di belakang rumah. Sambiloto ini terkenal sebagai tanaman obat dari India. Akan tetapi, tanah Indonesia juga cocok di mana sambiloto ini bisa ditanam. Senyawa kimia yang terkandung pada sambiloto ini memproduksi rasa pahit saat diramu menjadi obat. Akan tetapi, secara medis, sambiloto ini sangat berkhasiat untuk melindungi hati. Selain itu, banyak yang tidak tahu bahwa sambiloto ini bisa menekan pertumbuhan sel kanker juga. Andrographolide yang merupakan senyawa aktif bisa menurunkan terjadinya pertumbuhan sel kanker pada tubuh.

    Print Friendly
    Leave a reply →

Leave a reply

You must be logged in to post a comment.

Photostream

Print Friendly

Login

Register | Lost your password?