• Tanaman Obat dan manfaat bagi kesehatan

    Tanaman Obat dan manfaat bagi kesehatan

    Kekayaan tanaman obat yang dimiliki bangsa kita sangat beragam jenisnya.  Tercatat terdapat lebih dari 30.000 jenis tanaman obat yang tedapat di Indonesia. Diantaranya sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan, bahkan dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Berikut beberapa jenis tanaman obat dan manfaat bagi kesehatan :

    1. Jahe

    Jahe bermanfaat untuk menghangatkan tubuh, selain itu jahe juga dapat menyembuhkan penyakit batuk. Karena mudah didapat dan harga yang terjangkau jahe juga digunakan untuk mengobati masuk angin. Bahkan jahe juga dapat dimanfaatkan sebagai bumbu dapur untuk memasak.

    2.Cengkeh Merupakan tanaman obat yang dihasilkan dari kuncup bunga kering pohon cengkeh. Cengkeh sering digunakan sebagai bumbu penyedap. Tapi tahukah anda jika minyak yang dihasilkan dari cengkeh mampu mengobati sakit gigi. Selain itu cengkeh juga digunakan sebagai pelega tenggorokan.

    3. Kumis Kucing

    Tanaman obat yang satu ini berasal dari wilayah afrika bagian tropis yang menyebar ke asia. Kumis kucing dapat digunakan untuk memperlancar saluran kemih, menghancurkan batu ginjal dan mengobati diabet.

    4. Lidah Buaya

    Lidah buaya merupakan tumbuhan yang kaya akan manfaat. Selain digunakan dalam industry kosmetik, juga bisa digunakan sebagai obat luka. Selain itu lidah buaya merupakan serat alami yang baik bagi tubuh.

    5. Mengkudu

    Banyak terdapat di berbagai tempat di Indonesia. Mengkudu atau pace merupakan tanaman obat yang dapat mencegah kanker atau tumor. Selain itu tanaman ini juga baik untuk menjaga daya tan tubuh dan berfungsi sebagai anti inflamasi.

    6. Bawang Putih

    Digunakan sebagi bumbu masak dasar yang tidak boleh terlewatkan. Hamper semua jenis masakan menggunakan bawang putih. Selain sebagai bumbu bawang putih juga bermanfaat sebagai obat. Diantaranya dapat menurunkan tekanan darah tinggi, anti radang, anti bakteri, dan berfungsi juga sebagai pereda nyeri.

    Sebenarnya masih banyak tanaman obat dan manfaat bagi kesehatan yang belum dibahas, mungkin lain waktu. Klinik sehat menggunakan tanaman obat untuk mengobati setiap pasiennya. Diolah dibawah pengawasan dokter dan sudah memiliki ijin dari BPOM. Dikemas dengan bentuk kapsul dan cair sehingga sangat praktis dikonsumsi.

    Print Friendly
    Leave a reply →

Leave a reply

You must be logged in to post a comment.

Photostream

Print Friendly

Login

Register | Lost your password?