• siklus Haid dan KB suntik

    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

    Usia saya 35 thn,  saya mau tanyakan adalah masa haid saya yang tak teratur, jadi bila bulan kemarin tanggal. 15, bulan ini bisa tanggal 23, bulan depannya bisa tanggal 01.

    Saat ini saya juga suntik KB (anak saya 2, pertama 10 thn dan kedua 7 thn) , KB yg satu bulan, dimana jadwal yang diatur oleh dokter ketika saya Haid, bila saya selesai Haid dan belum bisa disuntik KB karena harus menurunkan tensi saya dulu (saya hipertensi), maka haid saya datang lagi, dengan warna coklat gelap dan bercak-2. durasi waktunya cm 3 hari setelah saya mandi bersih. apa solusi masalah saya Dokter? dan apakah haid seperti ini cenderung ada sesuatu yang mengkhawatirkan? karena saya takut sekali, hingga baru kali ini saya berkonsultasi tentang hal ini.

    Wassalam.


    JAWABAN

     

    Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

    KB suntik 1 bulan termasuk KB hormonal, dimana jika seorang wanita mendapatkan suntikan KB ini, maka kadar hormon akan meningkat sehingga mencegah terjadinya ovulasi, lalu akan menurun pada  akhir bulan sehingga terjadi mentruasi. Jika mendapatkan suntikan KB 1 bulan ini mundur beberapa hari, maka kemungkinan menstruasi berikutnya juga akan mundur, menyesuaikan dengan lamanya waktu kerja KB suntik 1 bulan, yaitu kurang lebih 1 bulan.

    Pada kasus ibu, karena  menderita penyakit hipertensi, ibu selalu mendapatkan suntikan KB mundur dari jadwal yang semestinya karena untuk menurunkan hipertensi dahulu. Kemungkinan inilah yang menyebabkan mentruasi ibu mundur beberapa hari. 

    Saran kami, sebaiknya Ibu tidak menggunakan KB suntik lagi, karena ibu mempunyai penyakit hipertensi. KB hormonal (pil, susuk, suntik) tidak  direkomendasikan bagi penderita hipertensi.  Pilihan KB bagi penderita hipertensi adalah KB non hormonal, seperti IUD, kondom, pantang berkala dll. (sf/)

    Wassalam.

    Print Friendly
    Leave a reply →

Leave a reply

You must be logged in to post a comment.

Photostream

Print Friendly

Login

Register | Lost your password?