• siklus haid berubah-ubah.

    Assalamualaikum, dokter.

    Saya berusia 27 thn, belum menikah dan Insyaallah segera menikah. Dalam 2 bulan terakhir ini saya mengalami perubahan siklus haid, yaitu sekitar 31 hari. padahal sebelumnya saya memiliki siklus haid sepanjang 26-28 hari saja. ini membuat saya gelisah, karena saya merasakan sakit yang sangat di bagian pinggang selama seminggu, seperti gejala akan haid. saya juga mengalami kenaikan berat badan cukup banyak dari biasanya normal 58 kg, sekarang sudah mencapai 73 Kg.

    kira- kira ada apa dengan sistem reproduksi saya, dok..? apakah ada obat yang bisa membuat siklus kembali seperti dulu..? saya takut nanti saat sudah menikah tidak bisa memiliki keturunan.

    terimakasih untuk konsultasinya,dok. saya berharap segera mendapat jawaban.

    Wassalamualaikum.


    JAWABAN



    Assalamu’alaikum Wr.Wb.

    Sdr yang dirahmati Allah SWT, membaca pertanyaan Sdr sebenarnya tidak perlu ada yang dikhawatirkan, karena selama ini siklus mentruasi Sdr teratur antara 26 – 28 hari, yang mengindikasikan kondisi hormonal Sdr stabil dan subur. Adapun 2 bulan terakhir siklus mentruasi Sdr menjadi 31 hari menurut hemat saya juga tidak perlu dirisaukan karena masih dalam rentang siklus normal. Kemungkinan perubahan ini dikarenakan Sdr stress menghadapi masa pra nikah, atau sebab lainnya.

    Yang menjadi perhatian saya justru BB Sdr yang mencapai 73 Kg (sayangnya Sdr tidak menyebutkan TB). Jika memang kelebihan BB, maka sebaiknya mulailah program diit agar BB menjadi ideal.

    Kemudian mengenai sakit dipinggang selama 1 minggu yang seperti haid, terus terang belum cukup informatif untuk disimpulkan adanya suatu penyakit atau gangguan tertentu. Saran saya berkonsultasilah secara langsung ke dokter terdekat. Terimakasih. (sf/)

    Wassalam.

    Print Friendly
    Leave a reply →

Leave a reply

You must be logged in to post a comment.

Photostream

Print Friendly

Login

Register | Lost your password?