• Setiap Luka yang bernanah di kaki menyebabkan demam dan benjolan kecil kelenjar di pangkal paha.

    Assalamu’alaikum Warohmatullaahi wabarokaatuh.

     

    Dr. Agus Rahmadi yang saya hormati,

     

    mohon dapat diberikan solusi atau petunjuk tentang penyakit setiap luka saya kalau bernanah di kaki menyebabkan demam dan benjolan kecil kelenjar di pangkal paha. Apakah yg menyebabkan benjolan pada pangkal paha saya tersebut? apakah disebabkan oleh kuman atau penyakit lainnya.

     

    Syukron atas jawaban dari dokter.

     

    Wassalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh.

     


    JAWABAN

     

    Assalamu’alaikum Warohmatullaahi wabarokaatuh.

    Selain ada pembuluh darah, tubuh juga mempunyai pembuluh limfe dengan kelenjar limfe sebagai simpul-simpulnya. Salah satu fungsi dari kelenjar limfe adalah sebagai pertahanan tubuh. Kelenjar limfe ini terdapat antara lain di lipat paha, ketiak, belakang telinga, leher bagian depan, dibawah dagu dan kanan kiri tulang belakang.

    Luka yang bernanah dan menyebabkan demam menunjukkan bahwa luka tersebut mengalami infeksi bakteri. Jika pertahanan di daerah luka tersebut berhasil dikalahkan oleh bakteri, maka bakteri tersebut akan masuk ke saluran limfe dan akhirnya sampai di kelenjar limfe. Pada daerah kaki, aliran limfe akan sampai pada kelenjar limfe yang ada di lipat paha. Sehingga jika kaki terinfeksi, maka kelenjar limfe di lipat paha akan membengkak dan terasa sakit juga.

    Untuk mengatasi luka yang terinfeksi, selain perawatan luka dibutuhkan juga antibiotik untuk membunuh bakteri, agar bakterinya tidak semakin menjalar ke bagian tubuh lainnya. (sf/)

    Wassalam.

    Print Friendly
    Leave a reply →

Leave a reply

You must be logged in to post a comment.

Photostream

Print Friendly

Login

Register | Lost your password?