• Sering BAB keluar darah

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Semoga kita selalu di beri kemudahan.
    Saya punya keluhan kalau BAB sering keluar darah, tapi heranya saya tidak merasa kesakitan. Kira2 ini gejala apa dan selanjutnya obatnya apa dok?
    Jazakallah Khair.
    Wassalam Alaikum Wr.Wb

    JAWABAN

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.

    BAB keluar darah mengindikasikan ada gangguan di saluran cerna. Untuk mengetahui dari mana gangguan tersebut, maka sebaiknya Sdr harus mengetahui deskripsi dari darah yang keluar tersebut.

    Darah yang berwarna kehitaman atau coklat kehitaman, mengindikasikan ada gangguan disaluran cerna bagian atas. Biasanya berasal dari lambung, dan penyakitnya kemungkinan adalah ulkus lambung, erosi lambung atau pecahnya pembuluh darah di lambung akibat penyakit serosis hepatis.

    Darah yang berwarna merah segar kemungkinan berasal dari saluran cerna bagian bawah, yaitu mulai dari anus sampai usus besar. dan setiap penyakit mempunyai ciri khas tersendiri.

    Wasir dan fissura ani (luka di anus) : biasanya darah merah segar, menetes setelah BAB dan tidak bercampur dengan BAB. Biasanya diawali dengan riwayat BAB keras dan sakit, meskipun setelahnya BAB sudah tidak sakit lagi tetapi masih tetap ada darahnya.

    Infeksi usus : Biasanya selain ada darah, terdapat juga lendir dan diare serta demam dan sakit perut.

    Kanker usus : biasanya ada gangguan BAB, yaitu diare yang berkepanjangan (berbulan -bulan dan diobati belum ada perbaikan), atau bisa juga konstipasi kronis (sulit BAB berbulan-bulan dan diobati belum ada perubahan).

    Untuk lebih jelasnya sebaiknya Sdr berkonsultasi dengan dokter terdekat. (sf/)

    Wassalam.

    Print Friendly
    Leave a reply →

Leave a reply

You must be logged in to post a comment.

Photostream

Print Friendly

Login

Register | Lost your password?