• Sayuran yang Menurunkan Kadar Gula Darah

    Sayuran yang Menurunkan Kadar Gula Darah

    Menurunkan kadar gula darah sebenarnya tidaklah sulit. Selain itu, penderita tidak harus mengkonsumsi obat-obatan  kimia atau herbal. Pasalnya, ada beberapa makanan yang berfungsi sebagai penurun kadar gula darah. Berikut adalah makanan yang berperan penting dalam menurunkan kadar gula dalam darah.

    Makanan yang pertama adalah pare. Memang sayuran ini tergolong makanan yang tidak banyak orang sukai. Rasanya yang pahit membuat makanan ini sedikit penggemar. Namun, siapa sangka makanan yang sedikit pahit rasanya ini justru sangat berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit gula darah. Bagi pecinta pare, tidak perlu cara khusus untuk menghilangkan rasa pahit. Akan tetapi, jika seseorang tidak menyukai pahitnya pare, rasa pahit tersebut bisa sedikit dihilangkan dengan cara menyajikan atau mencampur dengan sayuran-sayuran yang lain.

    Jika memang benar-benar tidak bisa mengkonsumsi pare karena rasa pahitnya, bayam menjadi alternatif lain. Bayam ternyata tidak hanya memberikan energi, tapi juga menyembuhkan penyakit gula darah. Sebenarnya, para ahli medis menemukan bahwa bayam hanya bisa mengontrol kadar gula darah. Hal tersebut lantaran bayam bisa membantu tubuh mengeluarkan insulin dan juga penggunaan glukosa dalam tubuh. Di banding pare, tentu saja bayam memiliki lebih banyak penggemar. Bayam bisa dikonsumsi dengan cara menggorengnya menjadi seperti keripik atau membuat sayur bayam.

    Kedelai juga bisa menurunkan kadar gula darah. Di Indonesia, tidak sulit menemukan makanan di mana kedelai dijadikan sebagai salah satu bahannya. Memang kedela ini mengandung sedikit sekali pati. Akan tetapi, kedelai memiliki kandungan protein dan serta yang sangat tinggi. Hal inilah mengapa kedelai dimasukkan sebagia salah satu makanan yang harus dikonsumsi para penderita gula darah tinggi. Serat serta protein yang tinggi berfungsi sebagai pendorong dalam hal menurunkan ekskresi urin.

    Teh juga mampu menurunkan kadar gula darah, terutama teh hitam. Teh hitam mengandung theaflavin serta tannin yang meningkatkan aktivitas insulin. Selain itu, pada waktu yang sama, kadar gula darah akan mampu dikontrol. Itulah beberapa cara yang mudah selain menggunakan obat untuk menurunkan kadar gula darah.

    Print Friendly
    Leave a reply →

Leave a reply

You must be logged in to post a comment.

Photostream

Print Friendly

Login

Register | Lost your password?