• Penyakit Degeneratif Dan Pencegahannya

    Penyakit Degeneratif Dan Pencegahannya

    Penyakit degeneratif bisa dicegah dengan cara yang sederhana. Penyakit degeneratif merupakan penyakit yang banyak sekali ditakuti oleh masyarakat. Dewasa ini, banyak pasien yang harus mendapatkan perawatan rutin dari dokter agar sembuh dari penyakit tersebut. Untuk itu, ada baiknya jika masyarakat mengetahui apa penyakit degeneratif tersebut, apa penyebabnya dan apa yang harus mereka lakukan.

    Secara sederhana, penyakit degeneratif merupakan penyakit yang diakibatkan oleh menurunnya fungsi alat atau organ tubuh. Dalam dunia medis produksi enzim dan hormon terdefisiensi akan mengalami gejala penyakit tersebut. Beberapa jenis penyakit ini yang sering dijumpai pada akhir-akhir ini adalah hipertensi, stroke, kerusakan syaraf otak atau yang sering disebut pikun, serta diabetes tipe 2.

    Dari beberapa jenis penyakit tersebut, faktor penyebabnya kebanyakan adalah gaya hidup yang tidak sehat. Sering mengkonsumsi alkohol dan merokok menempati tempat paling atas dalam hal faktor penyebab penyakit degeneratif . Pola makan yang salah juga sering menjadi penyebab munculnya penyakit degeneratif ini. Seperti contoh, orang Indonesia sangat menyukai makanan atau minuman manis. Kebanyakan gula murni juga memicu munculnya penyakit tersebut. Gaya hidup yang tidak sehat tersebut sebaiknya dihindari. Selain itu, sangat disarankan agar masyarakat berolahraga secara rutin. 

    Sebenarnya, tidak sulit jika seseorang ingin terhindari dari penyakit degeneratif. Komitmen untuk selalu menjaga kesehatan dengan cara menjalankan gaya hidup yang sehat menjadi kunci utama. Mereka harus sering olah raga. Olah raga dalam hal ini bukan hanya olah raga seperti angkat beban atau treadmill di Gym. Berjalan kaki sekitar 30 menit selama dua sampai tiga kali dalam satu minggu dirasa sudah cukup. Selain itu, mereka juga harus menjaga asupan gizi. Mereka hendaknya mengkonsumsi makanan yang baik dengan gizi yang berimbang. Hal yang terpenting adalah sebaiknya mengurangi mengkonsumsi makanan atau minuman yang terlalu manis. Pasalnya, banyak pasien di Indonesia yang terkena diabetes. Hal tersebut karena konsumsi gula mereka yang tinggi. Pada dasarnya, penyakit degeratif ini mudah sekali untuk dihindari jika seseorang benar-benar memperhatikan pola hidup sehat mereka.

    Print Friendly
    Leave a reply →

Leave a reply

You must be logged in to post a comment.

Photostream

Print Friendly

Login

Register | Lost your password?