• Pengobatan yang tidak rasional




    Demam berdarah biasanya muncul ketika musim hujan. Hal ini terjadi karena nyamuk Aedes Aegypti yang merupakan vektor (pembawa) penyakit demam berdarah berkembang biak dengan cepat.  Demam berdarah disebabkan oleh infeksi Virus Dengue, yang mana virus tersebut terdapat dalam tubuh nyamuk Aedes Aegypti dan akan masuk (menginfeksi) manusia melalui gigitan.





    Nyamuk Aedes mempunyai ciri – ciri tubuh belang hitam putih, sangat senang hidup di air jernih yang tergenang dan hinggap di pakaian yang menggantung di rumah serta menggigit manusia pada siang hari.

    Untuk mencegah agar kita tidak terkena penyakit demam berdarah, maka cara yang paling baik adalah dengan menghilangkan pembawa penyakit ini, yaitu melenyapkan nyamuk Aedes Aegypti dan menghindari gigitannya. Cara ini biasa di kenal dengan istilah 3 M plus, yaitu menguras bak mandi, mengubur benda-benda tempat menggenangnya air, menutup bak air, menggunakan kelambu di tempat tidur, memakai insektisida repellant, menghindari menggantung pakaian di dalam kamar, dll.

    Tanda dan gejala demam berdarah antara lain demam tinggi mendadak, disertai dengan nyeri otot dan sendi serta sakit kepala, nyeri perut dan mual, serta dalam keadaan lanjut dapat timbul bintik-bintik merah di lengan dan mimisan.

    Tetapi bagaimana caranya jika kita sudah melakukan hal tersebut, dan nyamuk Aedes Aegypti tetap menggigit kita? Ada beberapa hal yang perlu kita ketahui, antara lain :

    1. Virus belum ada obatnya, termasuk virus dengue yang menyebabkan demam berdarah. Virus hanya bisa dikalahkan oleh sistem kekebalan tubuh kita sendiri.

    2. Perjalanan infeksi virus dengue (demam berdarah) menimbulkan permeabilitas pembuluh darah kapiler meningkat, sehingga cairan darah keluar dari pembuluh darah dan kita kekurangan cairan. Selain itu terdapat juga gangguan trombosit (sel beku darah), dimana fungsi dan jumlah trombosit menurun.

    Untuk itu ada beberapa hal yang harus kita lakukan dalam menghadapi musim hujan dan kemungkinan menjangkitnya wabah demam berdarah, antara lain :

    1. Jaga kondisi tubuh agar tetap fit dan sehat yaitu dengan berbekam dan minum madu setiap hari.
    2. Jika terjadi demam, anggap demam tersebut adalah demam berdarah dan lakukan hal berikut :
      1. Istirhat cukup.
      2. Minum sebanyak – banyaknya, terutama air yang mengandung elektrolit seperti air madu, air kelapa dll, untuk menghindari kekurangan cairan dan membantu menurunkan demam.
      3. Jika demam tidak terlalu tinggi, lakukan bekam untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
      4. Lakukan kompres air hangat untuk menurunkan demam.
      5. Jika demam tinggi, berikan obat penurun panas (paracetamol).
      6. Mengkonsumsi herbal yang meningkatkan daya tahan tubuh seperti habbatussauda, meniran, sambiloto dll.
      7. Minum jus jambu biji merah, tomat, strawbery atau anggur.
      8. Periksakan ke dokter jika demam tetap berlanjut,dan lakukan pemeriksaan darah pada hari ketiga demam.

    Demikian tulisan tentang demam berdarah ini, semoga bermanfaat.

    Print Friendly
    Leave a reply →

Leave a reply

You must be logged in to post a comment.

Photostream

Print Friendly

Login

Register | Lost your password?