• Pemanfaatan Madu Dalam Pelayanan Kesehatan Berdasarkan Pengalaman Di Klinik Sehat Jakarta

    Pemanfaatan Madu Dalam Pelayanan Kesehatan Berdasarkan Pengalaman Di Klinik Sehat Jakarta

    Madu adalah salah satu produk lebah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan yang pemakaiannya sudah sejak lama hingga sekarang  baik untuk  pemeliharaan kesehatan maupun untuk  pengobatan. Dalam pelayanan kesehatan,  angka kesakitan di indonesia  masih cukup tinggi untuk beberapa kasus penyakit.  Kami mencoba menggunakan madu sebagai salah satu alternatif pengganti yang lebih aman.

    Sebelum penggunaan madu pada pasien,  terlebih dahulu Kami mencoba mengadakan pengujian terhadap aktifitas anti bakteri madu dengan melihat  uji zona hambat pada konsentrasi madu 20 µl dan 50 µl terhadap beberapa kuman diantaranya Staphylococcus aureus, Staphylococcus epidermidis, Salmonella thyposa, Pseudomonas aerogenosa dan Escheria coli  dengan metode paper disc. Kemudian Kami lanjutkan pada uji kasus infeksi  saluran pernafasan, saluran cerna,  luka dan penyakit lainnya di KLINIK SEHAT Jakarta dari tahun 2010 sampai 2013.

    Hasil uji diatas menunjukkan adanya efek zona hambat semua kuman pada kedua  konsentrasi dan terjadi perbaikan pada semua kasus.
    Dapat disimpulkan bahwa madu sangat efektif untuk penanganan beberapa penyakit.

    Abstrak Versi Power Point

    Oleh : Dr. Agus Rahmadi
    * Materi tersebut disampaikan dalam acara “The 3rd International Conference on the Medicinal Use of Honey”  pada 20 November 2013 di UNHAS Makasar.

    Print Friendly
    Leave a reply →

Leave a reply

You must be logged in to post a comment.

Photostream

Print Friendly

Login

Register | Lost your password?