• Obat Nyeri Sendi Tradisional dari Alam

    Obat Nyeri Sendi Tradisional dari Alam

    Obat nyeri sendi tradisional masih bisa ditemukan di zaman modern ini. Ini berarti masyarakat masih mempercayai obat tradisional untuk menghilangkan rasa nyeri pada persendian di tengah merebaknya obat modern berbahan kimia. Nyeri sendi bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal jenis kelamin atau usia.

    Untuk mengatasi rasa nyeri, sambiloto bisa digunakan sebagai obatnya. Sebenarnya, sambiloto bukanlah tanaman asli Indonesia, melainkan dari India. Namun, tanaman ini ternyata cocok dengan tanah serta iklim Indonesia. Tanaman in memiliki nama lain seperti ki peurat, bidara, lang, sampiroto, dan kayu mas. Senyawa yang terkandung di dalamnya seperti senyawa flavanoid, aldehid, dan alkane berperan penting untuk menghilangkan rasa nyeri. Senyawa tersebut juga sekaligus membuang racun yang ada di dalam tubuh. Cara membuat obat nyeri sendi tradisional ini sangatlah mudah. Sambiloto yang sudah dicuci bersih di rebus di dalam air mendidih. Kemudian, air rebus tersebut dicampur dengan rimpang temulawak kering, komfrey sekitar 10 gram dan juga buah lada. Dahulu kala, penderita nyeri mengkonsumsi ramuan tradisional ini setidaknya dua kali sehari.

    Kumis kucing terdengar tak asing lagi. Beberapa jamu herbal menggunakan kumis kucing sebagai bahan utama. Kumis kucing atau bahasa ilmiahnya Orthosiphon aristatus terkenal dengan khasiatnya menghancurkan batu pada saluran kencing. Penyakit asam urat yang mengakibatkan rasa nyeri pada bagian tubuh tertentu bisa disembuhkan dengan ramuan tradisional kumis kucing ini. seperti obat tradisional sebelumnya, kumis kucing ini direbus dengan mencampurnya dengan jahe merah. Meminum dua kali sehari sudah cukup untuk segera meredakan rasa nyeri.

    Kunyit selain digunakan sebagai bumbu dapur ternyata juga digunakan sebagai obat nyeri sendi. Awalnya, kunyit terlebih dahulu diparut dan kemudian diperas dengan air. Air tersebut kemudian dicampur dengan lada hitam yang sudah ditumbuk. Air campuran antara kunyit dengan lada hitam sangat berkhasiat dalam meredakan rasa nyeri sendi. Obat nyeri sendi tradisional ini tidak hanya mudah dan murah, tapi juga hampir tidak menimbulkan efek samping.

    Print Friendly
    Leave a reply →

Leave a reply

You must be logged in to post a comment.

Photostream

Print Friendly

Login

Register | Lost your password?