• menstruasi


    Assalaamu’alaikum


    Saya berusia 23 tahun, tinggi badan   155 dan berat badan  45 kg. Saya ada sedikit  masalah dengan menstruasi, dari dulu jika menstruasi selalu banyak keluar darahnya dan hampir mencapai 5-7 hari, namun belakangan ini darah menstruasi yang keluar sedikit demi sedikit keluarnya, namun alhamdulillah siklusnya menstruasinya lancar dan tidak pernah terlambat. apa itu bermasalah ? berat badan saya memang berkurang hampir 4 kg sejak beberapa bulan yang lalu, apakah ada hubungannya terhadap sedikit/banyaknya keluar darah menstruasi ? dan apakah berhubungan dengan kesuburan atau tidak ? lalu faktor  apa saja yang dapat menyebabkan darah menstruasi yang biasanya keluar banyak menjadi sedikit?

    saya ingin bertanya lagi, apakah itu masturbasi ? apakah jika wanita sering melakukan masturbasi dapat mengganggu kesuburan ? dan apakah ada pengaruhnya terhadap menstruasi?

    terimakasih..


    Wassalaamu’alaikum

     

    JAWABAN

     

    Assalaamu’alaikum Warahmatullaahi wabarakaatuh

     

    Darah mentruasi umumnya terjadi 2-7 hari dan banyaknya darah yang keluar tersebut berkisar antara 50 – 150 mililiter atau 2-5 kali ganti pembalut per hari.  Siklus mentruasi yang stabil menunjukkan siklus hormonalnya juga stabil, hal ini merupakan salah satu tanda kesuburan bagi seorang wanita.

     

    Masturbasi merupakan rangsangan yang disengaja yang dilakukan pada organ genital dengan tujuan untuk memperoleh kepuasan seksual, baik dengan manggunakan alat bantu maupun hanya dengan menggunakan anggota tubuhnya sendiri (tangan).

    Masturbasi tidak ada hubungannya dengan mentruasi maupun kesuburan seseorang wanita, atau dengan kata lain tidak mengganggu tingkat kesuburan dan siklus mentruasi pada wanita.  (sf/)

    Wassalam.

    Print Friendly
    Leave a reply →

Leave a reply

You must be logged in to post a comment.

Photostream

Print Friendly

Login

Register | Lost your password?