• Masalah Senggama

    Assalamu’alaykum

    Saya dan suami selama hampir 1thn belakangan punya masalah dalam senggama, seringkali suami tidak bisa tuntas dalam penetrasi, lalu senggama tidak dilanjutkan. Kuantitas senggama kami sedikit, satu minggu 1x atau kadang 1 bln 1X itu selalu tidak berhasil. Suami sering mengeluh lelah & seperti kurang berkeinginan untuk bersenggama. Mohon pencerahan dari dokter, apa yang bisa kami lakukan sebagai solusi dalam masalah ini yang alami dan islami.

    Wassalam.

    Ummu Izzah
    —————————————————————————————————————————-
    Jawaban

    Ummu Izzah
    Ummu Izzah yang berbahagia, masalah kuantitas dan kualitas senggama yang berkurang ada beberapa sebab, baik fisik maupun psikis. Secara fisik bisa disebabkan oleh kelelahan, kurang olahraga, penyakit darah tinggi, diabetes militus dan lain – lain. Secara psikis hal ini bisa karena adanya stress di tempat kerja dan lainnya. Di samping itu, perubahan postur tubuh akibat kegemukan, melahirkan juga dapat mengurangi gairah suami untuk melakukan hubungan seks. Untuk mengatasi kebosanan dapat dicoba berhubungan seks di tempat-tempat yang romantis (hotel, misalnya), sekaligus merayakan bulan madu ke-2, ke-3 dan seterusnya. Untuk lebih menggairahkan hubungan suami isteri tadi, cobalah teknik, variasi baru sehingga seks merupakan rekreasi yang menyenangkan. Saya yakin suami pasti akan memenuhinya, selama ia tidak mengalami disfungsi.

    Komunikasi yang baik dengan suami juga merupakan sesuatu hal yang perlu diupayakan untuk mencari penyebab kenapa suami mengalami hal tersebut. InsyaAlloh dengan adanya keterbukaan, saling pengertian dan dukungan maka persoalan tersebut dapat diatasi. Jika dipandang perlu, sebaiknya suami harus berkonsultasi langsung dengan dokter untuk mencari kemungkinan penyebab secara fisik.

    Wassalam

    Print Friendly
    Leave a reply →

Leave a reply

You must be logged in to post a comment.

Photostream

Print Friendly

Login

Register | Lost your password?