• Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan Tubuh

    Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan Tubuh

    Temulawak adalah tanaman obat yang paling banyak digunakan oleh para dokter dan pasien pengobat herbal. Sering pula kita jumpai dalam produk jamu yang sering dikonsumsi. Temulawak sangat banyak memiliki manfaat bagi tubuh kita, diantaranya adalah :

    1. Penambah nafsu makan
    2. Mengobati  sakit maag
    3. Menjaga kesehatan organ hati
    4. Memperbanyak produksi asi
    5. Mengobati penyakit Hepatitis B
    6. Mengobati nyeri sendi dan tulang

    Cara paling tepat untuk mengkonsumsi temulawak adalah dengan cara yang alami dan bebas dari zat pengawet. Pilihan cara pengolahan temulawak sebenarnya beragam, tergantung dari manfaat yang ingin didapatkan.  Menurut Prof. Nyoman Kartia, Ph.D pakar temulawak dari Universitas Gajah Mada, mengatakan bahwa cara mengolah mengolah temulawak bisa menghasilkan zat yang berbeda bagi dampak kesehatan ” mau itu serbuk, sirup, extract, dan lain-lain, mana yang lebig bermanfaat sebenarnya tergantung kebutuhan kita. Kalau kita menginginkan zat kurkuma dari temulawak, maka dijus atau diparut saja atau bisa simplisia (ditumbuk lalu diseduh), jadi kesegarannya terjaga.” Kata Prof. Kartia.

    Minyak astiri adalah zat yang paling dimanfaatkan dalam dunia medis. Minyak astiri yang terdapat didalam temulawak biasanya digunakan untuk perawatan pasien rematik. Sedangkan kandungan kurkuma yang terdapat didalam temulawak digunakan untuk mengobati pasien lever dan osteoatritis. Kedua zat tersebut juga mengandung anti oksidan yang baik untuk mencegah kanker.

    Prof. Kartia mengatakan, pada saat ini banyak dokter yang sudah memberikan resep herbal kepada pasien. Hal ini lebih baik daripada memberikan resep obat kimia, karena berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh prof. Kartia terbukti bahwa obat-obat herbal lebih baik daripada obat kimia dalam banyak hal. Beliau mencontohkan, obat kimia menimbulkan efek samping dan toksik terhadap kesehatan jika dikonsumsi 10kali dosis normal. Sedangkan obat herbal baru menjadi racun pada 100kali dosis.

    Print Friendly
    Leave a reply →

Leave a reply

You must be logged in to post a comment.

Photostream

Print Friendly

Login

Register | Lost your password?