• Manfaat Bekam  Untuk  Kesehatan

    Manfaat Bekam Untuk Kesehatan

    Manfaat bekam untuk kesehatan sudah diketahui oleh banyak orang. Bekam atau hijamah merupakan cara pengobatan yang sudah dilakukan pada zaman rosulullah Saw. Bahkan orang mesir kuno menuliskan bekam didalam sebuah prasasti yang bernama prasasti burdi. Prasasti Burdi merupakan dokumen tertua sejarah mengenai bekam.

    Pengobatan bekam dilakukan dengan menyedot permukaan kulit dengan kop atau alat khusus lalu mengeluarkan darah dengan jarum atau pisau bedah. Tidak ada istilah bekam kering, karena bekam kering sangat berbahaya bagi kesehatan karena darah yang dikop tidak dikeluarkan.

    Manfaat bekam untuk kesehatan sangat baik untuk menjaga peredaran darah dalam tubuh agar lebih lancer. Selain itu bekam juga bermanfaat untuk memperbaiki fungsi organ dalam tubuh. Dengan berbekam jaringan dan sel dalam tubuh akan kembali berfungsi dengan baik. Manfaat bekam untuk kesehatan yang lain adalah untuk menambah antibody atau memperbaiki immune tubuh.

    Wantu untuk melakukan bekam minimal dilakukan setiap 3 minggu atau satu bulan sekali. Hal tersebut dikarenakan darah melakukan peremajaan membutuhkan siklus 28 hari. Jika terlalu sering berbekam juga tidak baik bagi kesehatan tubuh. Waktu yang disunahkan adalan 17,19,21 bulan hijriah.

    Manfaat bekam untuk kesehatan juga harus memperhatikan sterilisasi dari alat yang digunakan. Selain itu jarum atau pisau bedah yang digunakan harus sekali pakai. Tidak dapat dipakai berulang-ulang dengan orang yang sama atau berbeda. Di Klinik Sehat bekam menggunakan standar medis dibawah pengawasan dokter klinik sehat.sebelum bekam pasien ditensi dulu untuk mengetauhui, apakah tekanan darah rendah atau tinggi.  Alat yang telah digunakan dicuci kemudian disterikan menggunakan alat sterilisator.

    Print Friendly
    Leave a reply →

Leave a reply

You must be logged in to post a comment.

Photostream

Print Friendly

Login

Register | Lost your password?