• Makanan dan Minuman Jadi Pantangan Asam Urat

    Makanan dan Minuman Jadi Pantangan Asam Urat

    makanan yang harus dihindari penderita asam uratPantangan asam urat cukup banyak. Bahkan, banyak penderita asam urat menganggap seolah-olah mereka tidak memiliki pilihan makanan enak untuk dimakan. Untuk orang Indonesia, beberapa makanan lezat dan mungkin mewah dilarang untuk dikonsumsi. Berikut beberapa makanan yang harus dijauhi oleh seorang penderita asam urat serta alasan kenapa makanan tersebut harus dihindari.

    Pecinta makanan laut akan sedikit tersiksa karena mereka tidak bisa lagi menyantap berbagai macam ikan mulai dari salmon, udang, kepiting, bahkan sarden. Bisa dikatakan bahwa hampir semua jenis ikan dilarang untuk dikonsumsi. Selain itu, mereka juga harus memastikan bahwa makanan yang mereka konsumsi juga sama sekali tidak mengandung ikan. Harus diketahui bahwa ada beberapa jenis makanan yang bahannya sedikit banyak mengandung ikan. Dengan kata lain, mengkonsumsi makanan dengan kadar ikan sedikitpun harus dihindari.

    Selain ikan atau seafood, mereka juga harus meninggalkan mengkonsumi berbagai jenis daging, apalagi daging yang berlemak. Sate kambing atau sate ayam yang terlihat sangat lezat justru akan menjadi hal yang tidak nikmat setelah mereka memakannya. Daging kambing dan daging sapi merupakan daging yang berbahaya bagi asam urat. Kedua daging tersebut akan memperburuk kondisi seseorang yang menderita asam urat. Namun, yang paling harus dihindari adalah memakan jeroan seperti hati, usus, dan lain sebagainya. Berbagai jenis kacang-kacangan, melinjo, dan sayuran hijau juga sebaiknya dihindari. Bisa disimpulkan bahwa banyak sekali makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi.

    Makanan-makanan tersebut sangat berbahaya dan akan memperparah penyakit asam urat yang mereka derita. Secara medis, hal tersebut bisa dijelaskan. Makanan seperti seafood, daging kambing atau ayam, serta kacang-kacangan merupakan makanan yang mengandung purine tinggi. Purine merupakan zat yang membuat kadar asam urat tertinggi. Menurut catatan medis, limpa domba atau kambing menempati posisi paling tinggi di antara jenis daging yang lain. Kandung purine pada limpa tersebut sekitar 773 mg/100g. Namun, yang perlu menjadi catatan penting adalah bahwa kafein mengandung purine paling banyak, yaitu 2300 mg/100g. Jadi, kopi menjadi salah satu pantangan asam urat yang wajib dihindari.

    Print Friendly
    Leave a reply →

Leave a reply

You must be logged in to post a comment.

Photostream

Print Friendly

Login

Register | Lost your password?