• Madu Sebagai Obat

    Madu Sebagai Obat

    Madu merupakan cairan kental yang manis rasanya. Salah satu produk lebah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Penggunaan madu sebagai obat sudah sangat lama pemakaiannya sampai sekarang., Sebelum ditemukan antibiotik pada tahun 1930an madu berperan penting sebagai antibiotik. bahkan khasiat madu sebagai obat juga terdapat di dalam Al-Quran.

    “” Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah : “Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu dan di tempat-tempat yang dibuat manusia”, kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan. ”  (An Nahl : 68-69). Berdmadu_sehatasarkan ayat di atas telah sangat jelas bahwa madu sebagai obat diciptakan oleh Allah Swt .

    Khasiat madu antara lain :

    1. Mudah diserap oleh usus
    2. Sebagai energi instan bagi tubuh
    3. Membantu penyembuhan luka
    4. Mempunyai pengaruh secara alamiah melalui proses perlahan-lahan sehingga membantu selama penyembuhan berbagai penyakit dalam tubuh.
    5. Sebagai antibiotic alami, dan masih banyak lagi yang lain.

     

    Penggunaan madu sebagai obat bisa digunakan dalam penyembuhan berbagai penyakit. Diantaranya adalah :

    1. Sebagai obat luka atau borok, caranya bersihkan bagian yang terluka dengan kasa yang diberi air hangat lalu oleskan madu dibagian yang terluka tipis-tipis lalu balut dengan kasa.
    2. Merangsang pertubuhan jaringan, Enzim yang terkandung mampu memperbaiki jaringan tubuh yang terbakar.
    3. Menghaluskan kulit, apabila digunakan sebagai masker asam amino yang terkandung mampu menghaluskan kulit serta menjaga kelembaban.
    4. Mengandung antioksidan yang tinggi
    5. Sebagai obat jerawat, dan masih banyak lagi manfaat dari madu.

     

    Jadi jangan pernah ragu untuk konsumsi madu, karena rasanya yang manis sangat baik sebagai pengganti gula.

    Print Friendly
    Leave a reply →

Leave a reply

You must be logged in to post a comment.

Photostream

Print Friendly

Login

Register | Lost your password?