• Konsultasi Kesehatan

    Assalamu’alaikum
     
    Dokter, saya M. Zaini Usia 43 Tahun tinggal di Bandar Lampung, saya mau tanya tangan sebelah kanan saya sering kesemutan, kebas, jari telunjuk kebal/mati rasa. Pekerjaan saya keseharian saya berhadapan dengan komputer dari pagi hingga sore bahkan sampe malem.
    Kemudian bahu sebelah kanan terasa pegal-pegal.
    Pertanyaan saya apakah penyebab rasa sakit itu?
    Apakah mungkin setelah sy melakukan olahraga Badminton yang berlebihan?
    Bagaimana mengobatinya dan saya mohon saran dokter!
     
    Saya sudah berobat ke dokter sarap tapi tidak ada hasilnya, acuprusure juga belum ada hasil, pijat tradisional juga belum ada hasil sy juga konsumsi propolis setiap hari tapi belum ada hasil yang maksimal.
     
    Kesemutan tersebut terjadi jika saya salah duduk atau duduk bersila dengan punggung tertekuk atau mengetik di depan komputer posisi badan harus di tegakkan.
     
     
    Saya juga pernah berobat ke klinik sehat di bekam tapi belum ada hasil.
     
    Demikian dokter atas sarannya saya mengucapkan banyak terima kasih.
     
     

    Wa’alaikum Salam,Wr.Wb.

    Saudara Zaini yang di Rahmati Alloh SWT, keluhan yang Anda rasakan saat ini seperti sering kesemutan, kebas, jari telunjuk mati rasa, dan bahu yang terasa pegal ini merupakan salah satu tanda-tanda keletihan otot. Hal ini dapat disebabkan oleh karena penggunaan anggota badan/tubuh yang terlampau dipaksakan dan berkelanjutan/tanpa henti. Pengobatan yang Anda jalankan saat ini sebetulnya sudah cukup baik, seperti dengan melakukan Bekam, Akupressure, pijat, dll. Tapi tidak juga hal ini menjadi solusi terbaik, harus Anda lakukan pula perubahan pola kerja, aturan olahraga dan aktifitas hidup keseharian yang teratur dan baik.

    Jangan paksakan tubuh dengan bekerja terlampau lama, monoton dan tanpa melakukan relaksasi terlebih dahulu. Atur dengan sebaik mungkin tempat di mana Anda bekerja saat ini, dengan merubah letak meja kerja, kursi/tempat duduk yang senyaman mugkin, perlengkapan dan peralatan penunjang yang tidak terlampau jauh dari posisi Anda bekerja. Atur pula posisi tubuh dengan baik pada saat  Anda bekerja. Istirahatkan tubuh Anda dengan cara merelaksasikan tubuh sesaat setelah Anda duduk bekerja selama 3 jam dengan melakukan perenggangan otot pinggul dan bahu. Hal ini akan menghindarkan kita dari gangguan seperti sering kesemutan dan gangguan aliran darah pada pembuluh darah akibat posisi duduk yang salah yang dapat menimbulkan terjadinya penyempitan pembuluh darah. Lakukanlah minimal setiap pagi untuk melakukan olahraga ringan, seperti berjalan atau lari pagi. Untuk olahraga yang Anda lakukan seperti Badminton lakukanlah pemanasan/stretching otot-otot yang benar dan cukup sebelum Anda melakukannya. Istirahatkan tubuh Anda dengan kadar yang cukup 5 s/d 7 jam sehari, perbanyak konsumsi buah-buahan, sayur-mayur, Habbatussauda, madu dan hindari berbagai radikal bebas seperti asap rokok, asap kendaraan, dll. Biasakan pula sehabis bekerja untuk mandi dengan air hangat untuk melemaskan otot-otot pada tubuh kita. Semoga bermanfaat !!!

    Wassalamu’alaikum,Wr.Wb.

    Print Friendly
    Leave a reply →

Leave a reply

You must be logged in to post a comment.

Photostream

Print Friendly

Login

Register | Lost your password?