• Ig G pada TORCH


    Assalaamu’alaikum dokter


    Begini dok,  saya mau konsultasi tentang TORCH

    kemarin saya periksa di laboratorium  tentang TORCH dan hasilnya

    anti rubella IgG dan anti CMV IgG hasil positif

    bagaimana penyembuhan rubella dan CMV ini dok

    biar hasilnya negatif

    terima kasih.

     

    Wassalam.


    JAWABAN

     

    Assalaamu’alaikum Wr.Wb.

    Tubuh  manusia dilengkapi dengan suatu sistem pertahanan yang sangat canggih untuk melawan serangan infeksi dari luar. Salah satu bentuk pertahanan tubuh adalah dengan adanya immunoglobulin (Ig) dengan berbagai ragamnya, antara lain Ig G, ig M, Ig A dll. 

    Pada waktu pertama kali terinfeksi (infeksi primer), tubuh manusia akan membentuk senyawa protein IgM (Immunoglobulin M) sebagai reaksi terhadap masuknya mahluk asing ke dalam tubuh. Senyawa protein ini dalam waktu relatif singkat langsung terbentuk begitu tubuh terkena infeksi. Antibodi IgM akan muncul di minggu pertama terjadinya infeksi, mencapai puncak pada satu bulan, kemudian mengalami penurunan. Pada beberapa individu, IgM dapat tetap terdeteksi beberapa tahun setelah infeksi primer. Namun, secara perlahan-lahan, IgM ini akan menghilang dalam waktu 1-24 bulan kemudian dan bisa timbul lagi bila yang bersangkutan terinfeksi kembali.

    Kira-kira 4 minggu setelah terjadinya infeksi primer akan terbentuk pula IgG (Immunoglobulin G).  IgG ini juga merupakan protein dengan berat molekul besar. Adanya IgG menunjukkan bahwa dalam tubuh telah terbentuk kekebalan. Jadi, bila titer/angkanya positif berarti tubuh telah membentuk kekebalan terhadap mahluk penyebab infeksi. Secara teoretis IgG ini akan menetap di dalam tubuh. Hanya, kadarnya dapat naik atau turun sesuai kondisi kesehatan seseorang. Namun, pada kebanyakan kasus, IgG terus naik dan IgM menetap. 

    IgG dan IgM yang positif menunjukkan adanya infeksi primer. Hal ini perlu pengobatan dan evaluasi, baik pada ibu maupun bayinya. Bila IgM positif sedangkan IgG negatif berarti menunjukkan adanya infeksi baru. Jika pada pemeriksaan ulang hasil IgM kemudian menjadi negatif, berarti IgM yang terdeteksi semula tidak spesifik.

    Antibodi IgG yang muncul beberapa minggu setelah respons IgM akan mencapai maksimum 6 bulan kemudian. Angka yang tinggi dapat bertahan selama beberapa tahun, tetapi akhirnya terjadi penurunan sedikit demi sedikit, menghasilkan kadar yang rendah dan stabil yang mungkin bertahan seumur hidup. Jadi, ibu yang pernah terinfeksi toksoplasmosis di masa lalu, titer IgG-nya tidak pernah nol ataupun negatif.  

    Dugaan terhadap infeksi TORCH biasanya memang dibuktikan melalui pemeriksaan darah dengan pengukuran titer IgG, IgM, atau sekaligus keduanya. Kalau IgM dapat terdeteksi sekitar seminggu setelah infeksi akut dan menetap selama beberapa minggu atau bulan, IgG bisa saja tidak muncul sampai beberapa minggu kemudian setelah angka IgM meningkat.

    Bila diduga terinfeksi tetapi nyatanya IgM negatif, maka pemeriksaan laboratorium harus diulang 4 minggu dari tanggal pertama kali dilakukan pemeriksaan laboratorium. Ini penting dilakukan untuk memastikan adanya infeksi ataupun tidak. Bila pada pemeriksaan ulang IgM tetap negatif, namun titer IgG memperlihatkan kenaikan sebanyak 4 kali, kemungkinan yang bersangkutan memang sedang terinfeksi. Adapun bila terjadi perubahan titer dari IgM negatif menjadi positif, kemungkinan yang bersangkutan tengah terinfeksi kembali.

    Ig G positif dan Ig M negatif menandakan bahwa tubuh sudah mempunyai kekebalan terhadap penyakit tersebut, dan tidak ada infeksi baru, sehingga tidak membutuhkan pengobatan. Tetapi jika Ig G positif dan Ig M negatif maka kemungkinan terjadi infeksi
    baru, meskipun tubuh sudah mempunyai kekebalan pernah terinfeksi sebelumnya maka membutuhkan pengobatan.

    Kadang diperlukan pemeriksaan ulang untuk mengetahui apakah ada kenaikan titer atau perubahan nilai dari negatif ke positif, yang berarti juga mengubah kesimpulan mengenai penyakitnya. (sf/)

    Wassalam.

    Print Friendly
    Leave a reply →

Leave a reply

You must be logged in to post a comment.

Photostream

Print Friendly

Login

Register | Lost your password?