• Haid terus menerus setelah KB Suntik

    Assalamu’alaikum wr.wb

    Saya mau tanya, setelah saya ikut KB suntik saya mendapatkan haid selama 2 bulan terus menerus. Apakah itu normal? dan apakah selama terus mengeluarkan darah haid tidak boleh sholat sampai menunggu bersih dulu? Setahu saya haid itu maksimum 14 hari setelah itu boleh sholat. Mohon diberi penjelasan.

    Atas penjelasannya saya ucapkan terimakasih.

    Wassalamu’alaikum wr.wb.

     

    Jawaban.

     

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Ibu Fitri yang di rahmati Allah.

    Perlu diketahui bahwa KB dapat dapat dilakukan dengan berbagai cara, ada KB sederhana (kondom, pantang berkala atau kalender), KB hormonal (KB suntik, pil dan implan), KB non hormonal (IUD/spiral), KB operatif (vasektomi pada pria dan tubektomi pada wanita).

    KB hormonal dilakukan dengan menggunakan hormon sintetik yang bekerja mempengaruhi hormon reproduksi wanita (estrogendan dan progesteron) sehingga mempengaruhi fungsi dari organ reproduksi tersebut, seperti mencegah ovulasi (lepasnya sel telur), menghambat menstruasi dan menghambat nidasi (menempelnya hasil pembuahan di rahim). Oleh karena itu KB hormonal (suntik) salah satu efek sampingnya adalah terjadinya perdarahan yang tidak diharapkan.

    Pada kasus ibu darah yang keluar 2 (dua) bulan terus-menerus jelas merupakan darah penyakit, sehingga hukum yang berlaku adalah hukum orang yang suci. Jadi ibu tetap melaksanakan sholat. Dan sebelum melaksanakan sholat Ibu sebaiknya membersihkan darah yang keluar, menggunakan pembalut dan berwudhu.

    Wassalam..

    Print Friendly
    Leave a reply →

Leave a reply

You must be logged in to post a comment.

Photostream

Print Friendly

Login

Register | Lost your password?