Gejala Sakit Jantung

Gejala sakit jantung bisa diketahui oleh orang awam sekalipun. Akan tetapi, ada kemungkinan bahwa orang awam tidak yakin bahwa apa yang ia lihat adalah gejala terkena penyakit jantung. Setidaknya, ada tanda-tanda umum yang bisa dilihat apabila seseorang terkena serangan jantung.

Gejala sakit jantung biasanya diawali dengan tubuh yang mudah merasa lelah menjadi hal yang paling sering terjadi bagi orang yang memiliki masalah dengan jantung. Orang yang telah divonis mengidap penyakit jantung biasanya tidak memiliki banyak tenaga untuk melakukan pekerjaan yang ringat sekalipun. Bahkan, berjalan saja ia merasa payah. Pada saat itu, kapasitas pompa jantung berkurang sehingga darah akan banyak menumpuk pada bagian bilik jantung sebelah kiri. Walhasil, orang tersebut akan susah untuk bernafas. Itulah mengapa orang yang terkena gejala penyakit jantung akan sering merasa lelah yang dibarengi dengan sesak nafas.

Dua hal tersebut merupakan ciri-ciri dari gejala penyakit jantung yang paling awal. Sementara itu, gejala tersebut akan semakin menjadi-jadi ketika penderita merasa nyeri di bagian dadanya. Rasa nyeri ini dikarenakan arteri tidak bisa berfungsi denga baik. Ada penyumbatan tepat di bagian arteri tersebut. Akhirnya, darah tidak bisa dialirkan ke seluruh tubuh sehingga bagian tertentu akan merasakan mati rasa. Jika ini dibiarkan cukup lama, penderita akan merasa sangat lemah dan ada kemungkinan pingsan atau meninggal mendadak.

Gejala sakit jantung lain yang bisa sangat mudah diketahui adalah berkeringat di sekujur tubuh. Bagi orang yang berolahraga, berkeringan merupakan hal yang wajar. Akan tetapi, sangat tidak wajar jika seseorang mengeluarkan keringat ketika ia tidak melakukan apa-apa. Jika demikan, ada kemungkinan besar orang tersebut terkena penyakit jantung. Sayangnya, banyak orang yang tidak terlalu menyadari gejala yang satu ini. Banyak orang yang tidak menganggap hal tersebut sebagai hal yang berbahaya.

Gejala sakit jantung  yang sering dianggap kamuflase adalah sakit kepala. Dikatakan kamuflasi karena banyak orang terkena sakit kepala sementara tidak banyak yang bisa membedakan antara sakit kepala biasa dengan sakit kepala yang mengarah ke penyakit jantung. Dalam hal ini, jika sakit kepala tersebut sering terjadi, ada kemungkinan hal tersebut adalah salah satu gejala sakit jantung.