• Dua Jenis Terapi Bekam

    Dua Jenis Terapi Bekam

    Terapi bekam  memperolah banyak penggemar pada saat ini. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya pasien yang merasa berhasil sembuh setelah mendapatkan terapi bekam. Namun, yang perlu ditanyakan adalah bagaimana bisa metode pengobatan zaman dahulu ini masih bertahan di tengah banyaknya obat modern. Beberapa orang mungkin hanya ikut-ikutan saja sementara itu ada juga yang mengerti kenapa terapi bekam lebih manjur dari metode pengobatan modern saat ini.

    Bagi yang masih awam tentang  bekam, perlu diketahui bahwa  bekam ini dibagi menjadi dua jenis, yaitu bekam kering dan bekam basah.  bekam kering merupakan proses bekam yang tanpa mengeluarkan darah kotor dari dalam tubuh. Terapis akan menggunakan alat cupping set menghisap bagian permukaan kulit dan juga memijat bagian tersebut. Tujuannya adalah untuk menghilangkan rasa sakit pada bagian tersebut. Biasanya, bekam ini dijalankan dalam keadaan darurat seperti rasa nyeri yang tiba-tiba muncul. Namun, pada saat ini,  bekam  menawarkan bekam kering ini kepada pasien yang takut dengan darah. Tapi bekam kering tidak dianjurkan karena tidak menyembuhkan bahkan akan menambah penyakit yang diderita pasien.

    Sementara itu, terapi bekam basah merupakan terapi bekam di mana darah kotor akan dikeluarkan dari dalam tubuh. Sebelumnya, bagian permukaan tubuh yang akan dibekam ditusuk dengan jarum yang steril terlebih dahulu kemudian seorang therapist meletakkan cupping set untuk menghisap darah kotor dari dalam tubuh. Biasanya, proses penghisapan darah kotor ini memakan waktu sekitar 3 sampai 5 menit. Lama waktu penghisapan tergantung pada penyakit.

    Menurut ahli medis modern, pengobatan tarapi bekam ini memang kuno. Namun, khasiatnya bisa dijelaskan secara medis. Menurut penelitian, darah kotor yang diambil dari proses bekam ternyata mengandung sepersepuluh kadar sel darah putih. Dari penelitian tersebut, para ahli medis modern memastikan bahwa terapi bekam sangat efektif untuk melindungi serta menguatkan unsur sistem kekebalan tubuh. Itulah mengapa terapi bekam  dikenal sebagai proses penyembuhan penyakit yang sangat manjur.

    Terapi bekam selain untuk menyembuhkan penyakit juga termasuk sunah, dianjurkan berbekam satu bulan sekali karena jika terlau sering juga tidak baik untuk kesehatan. Hari atau tanggal yang baik untuk berbekam menurut sunah adalah 17, 19, dan 21 Hijriah.

    Print Friendly
    Leave a reply →

Leave a reply

You must be logged in to post a comment.

Photostream

Print Friendly

Login

Register | Lost your password?