• Depresi ???

    —————————————————————-

    Assallamualaikum Wr.Wb.

    Bapak Dokter yang terhormat, Kami mau tanya apakah dalam dunia medis PENYAKIT KEJIWAAN/GILA itu turun temurun/bawaan? demikian pertanyaan kami . terima kasih

    Wassalam.

    —————————————————————-

    Jawaban.

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.


    Penyakit skizofrenisa atau gila adalah penyakit yang diakibatkan gangguan susunan sel-sel syaraf pada otak manusia. Penyebabnya sampai kini belum diketahui secara pasti, namun disebutkan faktor keturunan bisa menjadi salah satu penyebab.

    Bahkan, faktor genetik tampaknya sangat dominan. Menurut penelitian, apabila saudara ayah-ibu menderita skizofrenia, maka anak memiliki potensi sebesar 3% untuk mengidap skizofrenia. Apabila ada salah satu saudara sekandung yang menderita, maka anak berpotensi menderita skizofrenia sebesar 5%-10%.

    Lantas bagaimana dengan saudara kembar? Apabila tidak kembar identik, maka potensinya 5%-10%, sementara untuk anak kembar identik potensi menderita skizofrenia sebesar 25%-45%. Sedangkan jika penderita skizofrenia adalah salah satu dari kedua orang tua, maka anak berpotensi sebesar 15%-20%. Skizofrenia bisa menyerang laki-laki dan perempuan. Kebanyakan perempuan yang mengidap penyakit ini adalah mereka yang berusia 20 hingga awal 30-an tahun. Sementara pada kelompok jenis kelamin laki-laki lebih dini, yakni akhir usia remaja hingga awal 20-an tahun.

    Selain itu, faktor stessor psikososial juga berpengaruh terhadap kejadian skizofrenia. Kejadian pada kehidpan penderita seperti kematian keluarga terdekat, lingkungan keluarga yang temperamental, ekonomi yang sulit semuanya merupakan faktor psikososial yang dilaporkan berperan pada gangguan skizofrenia.

    Gejala halusinasi antara lain adanya delusi atau waham (keyakinan yang salah, dan tidak bisa dikoreksi, yang bertentangan kenyataan, kepercayaan dan kebudayaan umum), halusinasi (persepsi panca indra tanpa rangsangan dari luar, seperti mendengar suara atau perintah – perintah tertentu), cara berbicara atau berfikir yang tidak teratur, adanya perilaku negative seperti muram, menyendiri, perhatian menurun, kurang termotivasi, dan kasar.

    Dukungan keluarga sangat diperlukan untuk membantu kesembuhan, selain itu kemauan yang keras dari penderita untuk sembuh akan sangat bermanfaat sekali. Selain pengobatan medis yang ada saat ini, penderita skizofrenia juga bisa di bantu dengan pengobatan ruqyah. Allohu’alam bis showab.

    Wassalam.


    Print Friendly
    Leave a reply →

Leave a reply

You must be logged in to post a comment.

Photostream

Print Friendly

Login

Register | Lost your password?