• Anak saya BAB keras

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
     
     
    Dok Anak saya berumur 3 tahun udah 2 minggu ini BAB nya 3 hari atau 2 hari sekali dan keras, perutnya juga kembung, tapi dia kalo sehari2 tak mengekuh  sakit apa-apa malah dia itu lincah dan makannya pun banyak, tiap hari makan sayuran dan minum air putih juga banyak cuman klo BAB tuh keras dan baru BAB stelah 2 hari, mohon jawabannya.

     

    Wassalam.


    JAWABAN

     

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.

    BAB keras secara umum dapat disebabkan karena beberapa hal, antara lain kurang serat, kurang minum, ada perubahan pola makan (pada anak biasanya ganti susu formula), masalah psikologis (baru pindah rumah atau anak keasyikan bermain, sehingga lupa BAB dan BAB jadi keras), dan gangguan pada usus.


    Pada kasus yang dialami oleh anak Sdr, makan sayur dan minumnya cukup, jadi mungkin ada faktor lain yang belum teratasi.

    Jika kemungkinan karena pola makan yang berubah (susu), cobalah ganti dengan susu lainnya. Jika kemungkinan karena psikologis biasanya karena anak asyik bermain, maka motivasi dan ajak anak untuk BAB secara kontinyu.  Adapun jika kemungkinan karena gangguan pada usus, maka sebaiknya berkonsultasi ke dokter secara langsung.

     

    Saran saya, selain banyak makan sayur dan cukup minum, berikanlah madu 3 kali 1 sendok makan yang dicampur air hangat dan aloina 2 x 1 kapsul. Kemudian untuk mengatasi kembung, untuk sementara hindari susu formula (jika minum susu), dan perut ditempel daun mengkudu atau daun jarak yang sudah dipanaskan dan diremas-remas.

     

    Jika belum ada peruabahan, maka segeralah berkonsultasi secara langsung untuk mengetahui kemungkinan BAB keras pada anak Sdr. (sf/)

    Wassalam.

    Print Friendly
    Leave a reply →

Leave a reply

You must be logged in to post a comment.

Photostream

Print Friendly

Login

Register | Lost your password?