• alergi pada bayi baru lahir


    Assalaamu’ alaikum.

    Klinik sehat yth

    Saya ingin bertanya,  saya baru saja dikaruniai Allah swt seorang bayi perempuan (umur 11 hari) yang lahir dengan cara cesar. saat ini bayi kami menurut dokternya terindikasi alergi dengan tanda-tanda:  muncul bintik-bintik merah seperti berair di wilayah persendian sekitar tangan, wilayah leher dan juga paha. disamping itu bayi kami jika bernapas juga berbunyi dan ia seperti berat bernapas..kami khawatir dan kasihan sekali dengan kondisinya. saya ingin bertanya:

    1. Apa yang harus kami lakukan?

    2. Adakah obat herbal yang bisa digunakan baik oral atau oles?

    3. Apakah udara dingin (air conditioner suhu 29 derajat celsius) bisa membuat bayi alergi?

    4. Apakah jika ibunya mengkonsumsi yasfil oil (produk klinik sehat) bisa menyembuhkan penyakitnya?

    5. Apakah jika putri kami dewasa nanti akan selalu mengidap gatal-gatal atau sesak napas jika terpicu salah satu faktor alerginya, baik itu lingkungan atau makanan?

    6. Produk apa yg harus dikonsumsi agar tak tertimpa alergi lagi saat ia dewasa?

    Saya mohon jawabannya..sebelumnya saya ucapkan terima kasih


    Wassalam.


    JAWABAN

    Assalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

    Kami ucapkan selamat atas kelahiran putri Sdr, semoga menjadi anak yang sholehah dan sehat. Keluhan merah di kulit dan suara nafas yang berbunyi pada bayi insyaallah dapat diatasi dengan :
    1. Untuk keluhan kulit yangkemerahan insyaallah dapat diatasi dengan mengoleskan minyak zaetun atau minyak kelapa murni secara teratur (3-4 x per hari).
    2. Untuk mengatasi suara nafas yang terlihat berat, maka sebaiknya berikan ASI secara ekslusif, hindari penggunaan susu formula, dan sebaiknya Ibunya mengkonsumsi habbat ekstract dan yasfin oil dan kencur (Kencur satu genggam dikupas, lalu di blender kemudian saring airnya dan di tambah madu 2 x 1 gelas),  serta menjemur anak pada saat pagi hari.

    Jika keluhan tersebut bertambah berat maka sebaiknya  segera diperiksakan ke dokter.

    3. Udara dingin tidak menyebabkan alergi, selagi anak tidak mempunyai penyakit alergi. Tetapi udara dingin akan memicu alergi jika anak tersebut mempunyai bakat/penyakit alergi.
    4. Secara toeri, jika orang orang tua mempunyai penyakit alergi maka kemungkinan besar akan menurun ke anaknya. Adapun keluhan kemerahan dan nafas yang berat saat bayi, tidak serta merta menjadikan saat dewasa nanti anak tersebut akan mempunyai penyakit alergi (gatal-gatal/sesak nafas).
    5. Tips untuk mencegah agar anak tidak alergi saat dewasa antara lain; ASI ekslusif, menghindari susu formula, Mengkonsumsi Habbat extract bagi ibu yang menyusui bayinya, menghindari makanan/minuman yang mengandung zat pewarna, pengawet.

    Demikian semoga bermanfaat. (sf/)

    Wassalam.

    Print Friendly
    Leave a reply →

Leave a reply

You must be logged in to post a comment.

Photostream

Print Friendly

Login

Register | Lost your password?