• 3 kali haid teratur kemudian 2 bulan tdk haid

    "Assalamualaikum, saya sudah menikah selama 9 bulan ( Mei 2008 ) sampai saat ini saya belum ada tanda-tanda kehamilan, saya sempat mengalami tidak menstruasi selama hampir 2 bulan lebih(Haid terakhir pd awal Desember 2008) baru akhir bulan Februari 2009 ini mendapatkan haid lagi, saya sempat mengira saya akan hamil, tp ternyata tidak, padahal sebelumnya haid saya teratur. Hal ini sudah saya alami 2 kali selama saya menikah, jadi 3 kali haid teratur tiap bulannya, kemudian setelah itu tidak haid selama 2 bulan. Apakah ini ada indikasi saya sulit hamil? BAgaimana cara menentukan masa subur saya? Mohon jawaban dari narasumber, sebelumnya saya ucapkan terima kasih. Wasalamualaikum, Wr.Wb


    Jawaban :

    Wa’alaikum Salam,Wr.Wb.

    Ibu Anggraeni yang saya hormati. Semoga anda dan keluarga selalu dalam lindungan, keberkahan dan rahmat Alloh SWT. Penyulit pada kehamilan sering diakibatkan oleh beberapa kelainan pada rahim, yaitu dengan gejala seperti berikut :

    ·         Tidak bergejala. Kelainan rahim sering kali tidak menimbulkan gejala atau tanda yang khas. Terkadang kelainan bentuk rahim ditemukan tidak sengaja saat operasi kandungan atau tindakan caesar.

    ·         Gejala muncul saat tiba masa haid. Gejalanya seperti tidak haid sama sekali atau haid yang sangat sedikit atau tidak haid meski pernah haid sebelumnya (amenore sekunder). Kondisi ini terjadi pada wanita yang tidak memiliki rahim atau mereka yang memiliki rahim berukuran kecil. Pada kondisi kelainan tertentu, wanita tidak dapat haid dikarenakan tertutupnya selaput dara (hymen imperforata) atau liang vagina yang bersekat atau vagina yang tidak terbentuk (septum vagin
    a atau agenesis vagina).

    ·         Ibu bisa hamil namun keguguran berulang. Hal ini terjadi bila memungkinkan pembuahan namun tidak memungkinkan untuk tumbuhnya janin. Misalnya rahim yang bersekat dan si plasenta menempel di sekat yang tak memiliki cukup pembuluh darah untuk menyalurkan makanan pada si calon janin, adanya mioma yang menghambat penempelan plasenta, dan sebagainya.

    ·         Persalinan prematur. Ruang rahim yang terlalu sempit bisa menyebabkan persalinan prematur, misalnya adanya miom atau sekat pada rahim.

    ·         Pertumbuhan janin yang terhambat. Terkait dengan lokasi plasenta yang tidak mendapatkan aliran darah yang cukup.

    ·         Kelainan posisi janin dalam kandungan. Misalnya pada beberapa kehamilan, bayi selalu sungsang atau selalu dalam posisi lintang.  

    ·         Infertilitas atau tidak subur: Terjadi bila tidak memungkinkan pembuahan, misalnya tidak memiliki rahim, rahim tidak berhubungan dengan saluran telur. Kelainan bentuk rahim akibat mioma atau polip juga bisa membuat sulit hamil karena saluran telur terhalang oleh adanya mioma.

    Untuk pertanyaan kedua anda, untuk mengetahui dan menentukan masa subur adalah dengan cara anda menghitung masa subur anda dengan menggunakan system kalender. Cara  ini adalah cara natural atau alamiah dan paling mudah yang digunakan bila anda mempunyai siklus menstruasi yang teratur. Cobalah untuk mencatat siklus menstruasi anda dalam 3 bulan terakhir berturut-turut (tanggal hari pertama haid ). Dan sebaliknya pada wanita dengan siklus menstruasi yang tidak teratur akan sulit untuk menilai masa subur dengan cara ini.

    Perhitungan masa subur ini didasarkan masa subur atau saat ovulasi terjadi pada hari ke 14 dari menstruasi yang akan datang dan dikurangi 2 hari karena sperma dapat hidup selama 48 jam setelah ejakulasi atau senggama, serta ditambahkan 2 hari karena sel telur dapat hidup 24 jam setelah ovulasi.

    Jadi Misalnya siklus haidnya 28 hari dan haid terakhirnya terjadi tanggal 1, tanggal haid bulan berikutnya adalah tanggal 28. Dengan demikian, perkiraan waktu ovulasi anda , yaitu di tengah – tengah periode haid yakni tanggal 14. Jadi, masa subur berada pada sekitar tanggal 12 hingga 16.

    Dan beberapa gejala fisik yang dapat kita nilai pada saat ovulasi berlangsung adalah :

    Dengan menilai peningkatan suhu badan,  yaitu biasanya suhu badan meningkat menjelang dan sesudah masa ovulasi karena pengaruh hormon progesteron.

    Dengan menilai lendir rahim. Yaitu Hormon estrogen mencapai puncaknya pada saat ovulasi terjadi dan mempengaruhi lendir rahim. Menjelang ovulasi biasanya lendir rahim jadi agak encer dan bila diraba dengan dua jari membentuk benang dan berwarna bening.

    Alat Tes Ovulasi. Saat ini juga sudah dijual bebas diapotik atau toko obat alat untuk menilai masa subur yaitu Test prediksi masa subur atau ovulasi. Alat test ini bekerja dengan mengukur kadar hormone LH yang dihasilkan saat ovulasi, alat ini digunakan seperti test kehamilan.

    Dengan mengetahui kapan masa subur anda, dapat membantu anda yang berencana mempunyai anak dan juga sekaligus sebagai metode Keluarga Berencana atau kontrasepsi yang natural untuk yang masih mau menunda kehamilan, jangan melakukan hubungan seksual pada saat subur. Semoga anda dapat menentukan kelainan anda secara sendiri, dan untuk lebih memastikannya anda dapat mengkonsultasikan secara langsung kepada dokter yang berkompeten. Terimakasih !

    Wassalamu Alaikum, Wr.Wb.

    Print Friendly
    Leave a reply →

Leave a reply

You must be logged in to post a comment.

Photostream

Print Friendly

Login

Register | Lost your password?